Thursday, March 29, 2018

Hadapi Kerasnya Dunia Kerja, Disnaker Fokus Benahi Mental Siswa SMK


Dhimas Fikri

MALANGTODAY.NET – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang terfokus untuk membenahi mental siswa kelas 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan lulus agar siap menghadapi kerasnya dunia kerja.

Kabid Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kabupaten Malang, M Yekti Pracoyo menjelaskan jika ada kurang lebih 12 SMK dari seluruh Kabupaten Malang yang akan dilibatkan. Disnaker akan menggandeng asosiasi pekerja, Apindo, dalam membentuk mental siswa-siswa tersebut.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Ikan Makarel dan Ikan Sarden

“Hanya SMK, kurang lebih 12 sekolah, total siswa yang berpartisipasi kita harapkan 250 siswa. Rencananya April kita adakan,” kata Yekti, Kamis (28/3).

Yekti menambahkan jika konsep yang diusung Disnaker nanti untuk membentuk mental siswa tersebut lebih kearah memberikan motivasi lebih, dengan pemahaman succes story dari anggota Apindo. Terlebih, Disnaker berharap succes story tersebut dapat disampaikan oleh pengusaha muda.

“Kita berikan edukasi secara langsung, bukan berbau kebijakan pemerintah tapi kebutuhan lapangan dan kerja mereka. Jadi bukan kebutuhan teknis, tapi bagaimana cara mereka menghadapi rekrutmen perusahaan, HRD, hingga nanti mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga: Miris! Gadis Ini Baru Sadar Kekasihnya Wanita Setelah 2 Bulan Tinggal Serumah

Saat ditanya kenapa hanya terfokus pada siswa SMK, Yekti menjelaskan jika siswa SMK memang sejak di bangku sekolah disiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Namun, masalah mental yang perlu di matangkan.

“Betul memang banyak praktek, ketika dia masuk dunia kerja jadi karyawan punya karir tapi ketika dia mau berusaha, seperti saya sampaikan, dia juga punya jiwa enterpreneur,” pungkas Yekti.


Reporter    : Dimas Fikri
Editor        : Dian Tri Lestari

The post Hadapi Kerasnya Dunia Kerja, Disnaker Fokus Benahi Mental Siswa SMK appeared first on MalangTODAY.

https://ift.tt/2GEErT6

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment