
MALANGTODAT.NET – Setelah resmi dilaunching pada awal Maret 2017, Medina sebagai produk wadah plastik halal pertama di Indonesia terus mengenalkan produknya ke beberapa daerah di Indonesia. Dalam kurun waktu lima tahun, perusahaan asli Indonesia ini optimis mampu meraih 15 persen market share houseware di seluruh Indonesia.
General Manager Marketing Communication Medina, Dewi Hendrati mengatakan, pasar produk plastik di Indonesia, terutama dari kalangan keluarga terus bertambah. Per tahun, pertumbuhan market size untuk kategori pembelian produk beverageware, food storage, dan dinnerware di Indonesia mencapai 11,2 persen per tahun.
“Terlebih, saat ini potensi produk sehat dan halal di dunia juga terus meningkat, termasuk Indonesia. Untuk itu, keunggulan yang ditawarkan dalam Medina adalah produk halal,” ujarnya pada Wartawan usai melakukan Medina Inspirative Talk di Ibis Style Kota Malang, Sabtu (22/7).
Untuk memperoleh sertifikasi halal dari MUI, menurutnya Medina membutuhkan waktu yang tak singkat. Proses pengajuan dilakukan sejak tahun 2015 dan baru resmi dikeluarkan oleh MUI pada tahun 2017. Sehingga launching pun baru dapat dilakukan pada awal Maret tahun ini.
Namun meski tergolong baru, tambahnya, pasar Medina terus mengalami peningkatan. Sampai sekarang, tercatat lebih dari 40 ribu reseller yang menawarkan produk wadah plastik halal pertama di Indonesia itu. Sementara dalam satu bulan, rata-rata produksinya mencapai 100 ribu set.
“Kita menjualnya secara online, bekerjasama dengan dusdusan.com sebagai supplier online terbesar di Indonesia,” terang perempuan berhijab itu.
Sampai akhir tahun, menurutnya perusahaan menargetkan dapat memproduksi sampai satu juta set. Sedangkan untuk saat ini, pihaknya pun masih terus mencari permintaan pasar agar sesuai dengan kebutuhan. Begitu juga dengan pemasaran yang masih konsentrasi di dalam negeri saja, meskipun memang ada beberapa reseller dari luar negeri.
“Sejak Maret kemarin, sampai sekarang kita sudah proses produksi yang ke tiga,” jelas Dewi.
Target utama pasar Medina sendiri menurutnya adalah kalangan ibu-ibu muslimah kelas menengah ke atas. Pasalnya, Indonesia mayoritas penduduknya adalah Islam yang saat ini lebih memperhatikan tingkat kesehatan dan kekhalan dari setiap produk yang dikonsumsi.
“Ketika membeli produk plastik, hal pertama yang dipikirkan para ibu jelas adalah sebuah keamanan dari produk itu, yang erat kaitannya dengan produk halal juga,” beber perempuan berhijab itu.
Sedangkan untuk produk yamg ditawarkan itu menurut Dewi dibandrol dengan kisaran mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu. Semua proses pembuatan sampai pengiriman pun dipastikan sesuai prosedur islami yang halal.
“Kami memiliki pabrik sendiri dan memastikan bahannya tidak dari produk non halal. Secara berjangka, MUI pun selalu mengontrol kami,” tutup Dewi
The post Unggulkan Produk Wadah Plastik Halal, Medina Optimis Gait Pasar Lebih Luas appeared first on MalangTODAY.
http://ift.tt/2gSlmBk
0 comments:
Post a Comment