Wednesday, November 1, 2017

Perjalanan Semakin Efisien dengan E-Boarding Pass


Pipit Anggraeni

MALANGTODAY.NET – PT. KAI (Persero) baru saja meluncurkan layanan terbarunya yang berbasis elektronik. Layanan bernama e-boarding pass ini memudahkan calon penumpang kereta, tanpa harus mencetak tiket sebelum melakukan perjalanan.

Cukup tunjukkan kode barcode pada smartphone, ZenTODAY bisa langsung menaiki kereta. Jadi, nggak harus ribet mencetak tiket di boarding CIC (Check In Counter).

Layanan ini sudah dapat dinikmati sejak dua Oktober lalu dan berlaku di semua stasiun di Indonesia, tanpa kecuali Stasiun Malang Kota Baru yang berada di kawasan Daop 8 Surabaya.

Manager Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, menyampaikan bahwa layanan tersebut hanya khusus untuk pembelian tiket di aplikasi KAI Acces versi terbaru.

Artinya, sebelum memanfaatkan fasilitas ini, calon penumpang terlebih dahulu harus mendownload aplikasi tersebut di PlayStore.

Setelah dilakukan transaksi, lanjutnya, penumpang akan mendapatkan bukti transaksi. Dua jam sebelum keberangkatan, akan muncul kode barcode di smartphone masing-masing calon penumpang.

Kode barcode tersebut dapat langsung ditunjukkan ke petugas pemeriksa tiket di pemeriksaan boarding dan tidak perlu mencetak tiket boarding di CIC (Check In Counter).

“Sementara ini masih dapat dilakukan dengan menggunakan KAI Acces versi baru, yang di luar itu belum bisa,” terang Gatut ketika dihubungi MalangTODAY.net.

Lebih lanjut dia menegaskan, dengan adanya e-boarding pass, para pengguna transportasi moda kereta api (KA) semakin dimudahkan. Pasalnya, penumpang cukup menunjukkan e-boarding pass yang terpampang pada layar smartphone mereka kepada petugas boarding, tanpa harus ke mesin cetak boarding pass CIC.

Sejak resmi dirilis pada 2 Oktober 2017 lalu, ada beberapa informasi mengenai e-boarding pass yang harus diketahui pengguna jasa kereta api. Diantaranya, e-boarding pass hanya dapat diterbitkan khusus pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi KAI access versi terbaru dan dapat diunduh mulai dari dua jam sebelum keberangkatan KA.

“Jika sudah menerbitkan e-boarding pass melalui aplikasi KAI access, otomatis penumpang tidak dapat mencetak boarding pass di mesin CIC di stasiun, atau sebaliknya,” jelas Gatut.

PT. KAI (Persero) telah memastikan e-boarding pass merupakan dokumen yang sah dan dapat digunakan sebagai persyaratan penukaran award tiket.

Apabila transaksi penumpang telah sukses pada aplikasi terbaru KAI access dan memperoleh e-ticket, maka perihal pembatalan atau ubah jadwal memiliki aturan mainnya tersendiri.

Jika penumpang berada di stasiun yang tidak sesuai dengan relasi e-ticket atau sebelum 7 x 24 jam, maka e-ticket dapat diproses menjadi bukti transaksi (blanko putih) dan selanjutnya dilakukan pembatalan atau ubah jadwal.

Kemudian jika penumpang berada di stasiun sesuai dengan relasi e-ticket pada periode 7 x 24 jam, maka e-ticket diproses menjadi boarding pass di Check In Counter dan selanjutnya dilakukan proses pembatalan atau ubah jadwal.

Sedangkan, jika sudah masuk periode dua jam sebelum jadwal keberangkatan KA dan penumpang telah memproses e-ticket menjadi e-boarding, maka e-boarding harus di cetak ulang untuk selanjutnya dilakukan proses pembatalan atau ubah jadwal.

Menyinggung soal pembatalan atau ubah jadwal keberangkatan, maka perlu diketahui sebelum melakukan proses pembatalan atau ubah jadwal, petugas loket wajib memeriksa kode booking melalui menu riwayat transaksi atau kolom kode booking pada aplikasi Rail Ticket System (RTS). Untuk mengetahui status pencetakan bukti transaksi (blanko putih) atau boarding pass.

Sementara perubahan jadwal, menurut Gatut tetap mengikuti ketentuan pasal 43 poin 1(a), yaitu atas permintaan penumpang, tiket yang telah dibeli dapat dilakukan perubahan jadwal, kecuali terhadap tiket dengan kategori award ticket, tiket yang dicetak dari voucher registered atau voucher unregistered, dan tiket yang dicetak menggunakan poin.

Sedangkan, pembatalan tetap mengikuti ketentuan pasal 45 poin 1(a); atas permintaan penumpang, tiket yang telah dibelli dapat dilakukan pembatalan.

“Perubahan dan penambahan fasilitas tersebut sengaja dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan era digital dan kebutuhan masyarakat yang ingin serba instant,” pungkasnya. (Pit/Ans)

The post Perjalanan Semakin Efisien dengan E-Boarding Pass appeared first on MalangTODAY.

http://ift.tt/2lE6Yz0

Related Posts:

0 comments:

Post a Comment