
MALANGTODAY.NET – Dunia kerja tentu akan terasa berbeda dengan kehidupan sekolah dan kuliah. Banyakny tekanan dan tanggungjawab membuat pekerja lebih rawan terkena stres. Nah, kondisi pemicu stress seperti ini ternyata sangat tidak baik jika dibiarkan dalam jangka waktu yang panjang.
Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKI), yang dilansir dari Liputan6.com, setiap tahunnya sekitar 15-30 persen pegawai di Indonesia mengalami stres. Hal ini berdampak langsung pada tingkat produktivitas perusahaan yang tentunya akan mengakibatkan kerugian besar bagi perusahaan.
Baca Juga: Mimpi Bisa Ditafsirkan Secara Psikologis, Ini Penjelasannya
Anggota PDSKI Teddy Hidayat menyatakan bahwa stress di tempat kerja serig terabaikan dan tak disadari. Akibatnya mereka yang mengalami hal tersebut terlambat ditagani dan tak mendapatkan pengobatn yng maksimal. Padahal pengobatan secara benar dapat memulihkan kondisi serta tingkat produktivitas dari para pegawai tersebut.
“Banyak faktor risiko stres di lingkungan kerja seperti tugas tidak sesuai kompetensi, jenjang karir yang tidak jelas, beban kerja yang tinggi serta jam kerja yang tidak fleksibel, penghasilan rendah dan lain sebagainya,” kata Teddy Hidayat dikutip dari Liputan6.com pada Jumat (12/10/2018).
Selain menyebabkan penurunan tingkat produktivitas, stress ternyata juga dapat menyebabkan retaknya keutuhan berumah tangga.
Baca Juga: Kebiasaan Saat Bangun Tidur Ini Bisa Ungkap Kepribadianmu
Pencegahan paling dini dari terjadinya stress di tempat kerja adalah dengan mengomunikasikan segala kendala dan tekanan yang dirasakan dalam lingkungan kerja. Jika memang beban dan tanggung jawab yang dipegang terlalu besar, maka sampaikan hal itu pada atasan.
“Mengalirnya kata-kata akan mengurangi beban dan meringankan hati,” Pungkasya.
Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani
The post Kenali Dan Atasi Stres di Lingkungan Kerja appeared first on MalangTODAY.
https://ift.tt/2CL7WRB
0 comments:
Post a Comment