
MALANGTODAY.NET – Bandung dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Konsumen Naisonal (Hakornas) 2019. Hal ini langsung disambut baik oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pasalnya ia sendiri pernah merasakan menjadi korban penipuan belanja online.
Kang Emil, sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa dirinya pernah dua kali tertipu. Pertama karena barang sudah ia lunasi namun tak sampai di tangannya.
“Tapi saya korban juga beli online tapi barang enggak diantar. Saya bingung ngadu ke siapa. Ini contoh selevel gubernur aja sebagai konsumen pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan,” ujar Kang Emil dilansir dari Suara.com (31/1/2019).
Kemudian pengalaman tertipu yang kedua yakni ketika bentuk fisik barang tidak sesuai dengan yang ada di gambar.
“Ada batik bentuknya lingkaran di tengah pas sampai di saya lingkarannya ngesot. Akhirnya enggak bisa dipakai karena janji lingkaran sempurna tapi pas dipakai tinggi sebelah,” ungkapnya.
Kemudian Kang Emil juga menyatakan bahwa Bandung termasuk Jawa Barat bisa dikatakan sudah mewakili konsumen Indonesia. Hal ini karena penduduk Jawa Barat sudah memenuhi seperlima dari total penduduk Indonesia.
“Jawa Barat juga mewakili konsumen terbesar karena penduduknya 50 juta jiwa. Artinya, 20 persen Indonesia kira-kira, seperlimanya Indonesia itu ada di Jawa Barat,” terangnya.
Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita sudah memutuskan bahwa Hakornas akan diadakan di Bandung. Maskot dan logo untuk tahun ini juga sudah dirilis dengan menonjolkan tema-tema khas Jawa Barat.
“Kita akan segera meluncurkan kegiatan Hari Konsumen Nasional, yang akan diselenggarakan di Bandung dengan logo dan maskot yang ada khas Jawa Baratnya juga. Jadi ada kearifan dan kekayaan lokal juga yang ditonjolkan,” tutur Enggar dilansir dari Detik.com (30/1/2019).
Sebagaimana diketahui, Hakornas adalah bentuk lain dari upaya perlindungan dan peningkatan indeks keberdayaan konsumen. (AL)
The post Pengalaman Tertipu Belanja Online, Ridwan Kamil Setuju Hakornas Digelar di Bandung appeared first on MalangTODAY.
http://bit.ly/2UvTbHe
0 comments:
Post a Comment